Mengapa Knalpot Kendaraan Beroda Empat Keluar Air? Inilah Penyebabnya

FAST DOWNLOADads
Download
Apa saja Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air? Apakah anda merupakan salah satu yang mengalamai penyebab ini? kendaraan beroda empat sering keluar air pada kepingan knalpot dikala mesin hambar atau terutama di pagi hari? Atau yang lebih parah knalpot berasap dan berair. Saat kita memanaskan mesin kendaraan beroda empat , terkadang muncul air yang menetes dari ujung knalpot. Meskipun kadang rasa was-was menyeruak di hati, tentunya pemilik kendaraan beroda empat bertanya-tanya apakah kondisi tersebut kondusif atau tidak bagi kendaraan beroda empat mereka. Tapi jangan panik, jangan khawatir ketika mengalami hal ini.

Knalpot kendaraan beroda empat keluar air ada beberapa penyebab baik itu merupakan hal normal atau adanya ketidak normalan. Mengapa dikatakan normal? Untuk itu kita perlu mengetahui mengapa ada air keluar dari knalpot? Berikut analisa yang memungkinkan terjadinya knalpot kendaraan beroda empat menetes air.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar air

 Apakah anda merupakan salah satu yang mengalamai penyebab ini Mengapa Knalpot Mobil Keluar Air? Inilah Penyebabnya

Sekedar pengetahuan, namun perlu diketahui bahwa air yang keluar dari knalpot pada pagi hari bukanlah satu hal yang berbahaya. Air yang keluar dari knalpot disebabkan oleh proses kimia. Begini penjelasannya :
  • Bahan bakar atau bensin yang dipakai pada kendaraan beroda empat dalam bahasa kimia disebut C8H18. Saat sirkulasi kerja materi bakar untuk menyalakan kendaraan beroda empat membutuhkan oksigen (O2), akan menghasilkan pembakaran tepat yang kesannya akan menghasilkan karbondioksida (cO2) dan air (H2O).
  • Nah ketika pembakaran tepat terjadi nanti air akan terlihat pada ujung knalpot, terutama dikala posisi mesin idle(diam tapi menyala, contohnya dikala dipanaskan). 
  • Selain dari proses pembakaran tadi, air juga dapat diakibatkan oleh embun di dalam knalpot. Embun ini akan keluar lantaran adanya dorongan gas dari knalpot.
  • Ketika temperatur naik, air ini akan menguap sehingga tidak ada lagi air keluar dari knalpot.

Nah ketika demam isu hambar atau area sekitar mempunyai suhu yang, air menetes dari knalpot akan sering terjadi. Hal ini lantaran suhu di luar atau suhu sekitar menghipnotis kadar air yang muncul. Daerah yang beriklim tropis apalagi dikala demam isu hujan, potensi terlihatnya air menetes dari knalpot semakin besar.

Air yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi sebagian tidak akan menguap lantaran temperatur dingin, namun tetap menjadi butiran air yang keluar dari knalpot. Sehingga anda tak perlu khawatir dengan keadaan ini, hal ini justru membuktikan bahwa pembakaran berlangsung dengan sempurna. Itulah klarifikasi mengenai penyebab knalpot kendaraan beroda empat yang mengeluarkan air.

Namun juga perlu diingat, selain tidak perlu panik, biar tidak terjadi kerusakan atau ketidaknormalan, kita harus melaksanakan perawatan yang baik salah satunya memanaskan kendaraan beroda empat dengan baik. Untuk memanaskan kendaraan beroda empat atau starter kendaraan beroda empat di pagi hari biar tidak melaksanakan kesalahan yang menyebabkan mempercepatnya kerusakan, anda dapat membacanya pada Cara Memanaskan Mobil dengan Baik.

Nah, sekilas klarifikasi kenapa knalpot kendaraan beroda empat keluar air. Semoga dengan klarifikasi ini anda tak lagi khawatir mengenai air yang keluar atau menetes dari knalpot kendaraan beroda empat anda. Tetapi perlu diingat juga jikalau kadar airnya hiperbola perlu juga dilakukan pengecekan. Kadar air yang hiperbola dapat diakibatkan adanya kebocoran radiator atau duduk perkara lain.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url