Service Motor : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri

FAST DOWNLOADads
Download
Bagaimana Cara Membersihkan Karburator Motor? Motor tak ubahnya sebuah tubuh yang terdiri dari banyak sekali cuilan yang saling berhubungan. Dan karburator sanggup diibaratkan sebuah jantung dalam tubuh yang mempunyai tugas sangat penting dalam motor. Untuk itu kebersihan dalam karburator harus selalu diperhatikan. kemudian bagaimana cara membersihkan karburator?

Untuk membersihkan karburator sebetulnya bsia dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu harus ke bengkel. Setidaknya kalau anda membersihkan sendiri dan menemukan kerusakan dan harus ke bengkel, anda sudah tahu cuilan mana kerusakannya, ini akan meminimalis biaya yang dikeluarkan. Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan karburator pada Motor. Berikut caranya:

Cara Membersihkan Karburator Motor

 Motor tak ubahnya sebuah tubuh yang terdiri dari banyak sekali cuilan yang saling berafiliasi Service Motor : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri


Berikut cara membersihkan karburator:

1. Kita anggap anda sudah sanggup membongkar karburator atau melepasnya. Langkah Pertama, bersihkan filter udara atau penampung debu dengan melepas filter udara di atas karburator. Setelah itu lepas busa filter dan bersihkan dengan cairan pembersih. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi sebab sanggup mengakibatkan rusaknya pori-pori busa pada filter.

2. Setelah itu lepas baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan keran bensin. Pergunakan kunci yang pas semoga baut tetap awet. Lepas semua komponen-komponen pada karburator dengan hati-hati kemudian tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih. Cairan pembersih yang dipakai biasanya memakai bensin atau pertamax.

3. Lepas juga mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Perlakukan beberapa part yang kecil-kecil ini dengan hati-hati. Tempatkan di kawasan yang berbeda dengan komponen lainnya semoga lebih gampang dalam emmasangnya nanti.

4. Bila komponnen pada karburator sudah terlepas semua, giliran membersihkan rumah karburatornya dengan kuas dan semprot cuilan lubang-lubang dengan kompresor. kalau diperlukan, gunakan juga amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer untuk kerak yang membandel. Tetapi hati-hati semoga diameter spuyer tidak terkikis banyak.

5. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

6. Sebelum memasang semua komponen, atur dahulu tinggi pelampung dengan memakai jangka sorong (vernier calyper) atau stighmat semoga tidak terjadi kesalahan.

7. Pasang semua komponen yang dilepas tadi, rakit kembali sampai sempurna.

8. Setelah itu, setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Stel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam sampai mentok kemudian putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

9. Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir tubuh karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan sebab akan menciptakan oli tidak sanggup naik sebab tidak terpompa tanggapan rendahnya putaran mesin.





Nah, gampang kan membersihkan karburator motor sendiri? demikian tips dan cara  Membersihkan karbu motor. Semoga cara diatas sanggup menunjukkan pencerahan bagi anda yang ingin mencoba membongkar komponen kaburator. Salam.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url